selamat datang

Selamat Datang di Java Blogger

Selasa, 19 Februari 2013

BELAJAR DAN PERILAKU BELAJAR

 1.      Definisi Belajar
Dalam perspektif psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan, yaitu perubahan dalam perilaku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
2.      Tujuan Belajar
·         Taksonomi Tugas-tugas Belajar
Tipe-tipe belajar sebagaimana dirumuskan oleh Gagne (1979) meliputi : signal learning, stimulus respons learning, chaining, verbal, association learning, concept learning, discrimination learning, rule learning, dan problem solving learning
·         Taksonomi Tujuan Belajar, meliputi : Domain kognitif, domain afektif, domain psikomotorik.
3.      Prinsip-Prinsip Belajar
(1) Perhatian dan motivasi terkait dengan minat; (2) Keaktifan terkait dengan fisik dan psikologi; (3) Keterlibatan langsung (pengalaman); (4) Pengulangan; (5) Tantangan; (6) Balikan dan penguatan; dan (7) Perbedaan individual.
4.      Perilaku Belajar
Perilaku belajar yang terjadi pada para peserta didik dapat dikenal baik dalam proses maupun hasilnya. Perilaku hasil belajar mencakup aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Perlu diingat bahwa perilaku belajar bisa bersumber dari berbagai aspek perilaku lain baik yang bersifat internal maupun eksternal.
5.      Tahap-Tahap dalam Proses Belajar
·         Menurut Jerome S. Bruner
Menurut Bruner dalam Saiful Sagala (2006: 35-37), dalam proses pembelajaran siswa menempuh tiga tahap, yaitu : tahap informasi (tahap penerimaan materi; tahap transformasi (tahap pengubahan materi); dan tahap evaluasi (tahap penilaian materi.
·         Menurut Pandangan Skinner
Langkah-langkah pembelajaran berdasarkan teori kondisioning operan menurut Skinner: (1) mempelajari keadaan kelas berkaitan dengan perilaku siswa; (2) membuat daftar penguat positif; (3) memilih dan menentukan urutan tingkah laku yang dipelajari serta jenis penguatannya; (4) membuat program pembelajaran.
·         Menurut Robert M. Gagne
Ada tiga tahap dalam belajar, yaitu : (1) persiapan untuk belajar; (2) pemerolehan dan unjuk perbuatan; (3) Alih belajar.
·         Menurut Pandangan Carl R. Rogers
Langkah-langkah dan sasaran pembelajaran yang perlu dilakukan oleh guru menurut Rogers, meliputi : (1) guru memberi kepercayaan kepada kelas agar kelas terstruktur; (2) guru dan murid membuat kontrak belajar; (3) guru menggunakan metode inquiri; (4) guru menggunakan metode simulasi; (5) guru mengadakan latihan kepekaan; (6) guru bertindak sebagai fasilitator belajar; (7) guru menggunakan pengajaran berprogram.

Tidak ada komentar: